13.9.15

Minerva 250 Berjubah Ducati Scrambler

Untuk urusan modifikasi sepeda motor, Baru Motor Sport (BMS) tentu sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya. Kali ini giliran Minerva 250 lansiran tahun 2013 dengan full fairing yang berubah wujud menjadi sepeda motor dual purpose dengan gaya Ducati Scrambler.

"Awalnya si pemilik datang dan mengeluhkan punggungnya yang kerap kali lelah tiap mengendarai sepeda motor tersebut, lalu ingin mengubah agar lebih sesuai dengan postur tubuh. Saat merencanakan perubahan, dirinya mengatakan suka dengan Ducati Scrambler, dan dari situ awal mula lahirnya model ini," ujar Ariawan Wijaya pemilik sekaligus builder BMS, Jumat (11/9/2015).

Ari menambahkan, perubahan yang dilakukan tetap mempertahankan rangka asli, namun ada beberapa bagian pada main-frame (rangka utama) yang dilas ulang. Lalu untuk mendapatkan kesan Scrambler, bagian sub-framedihilangkan. "Gayanya semi klasik, dan hasil akhir sepeda motornya lumayan bagus," ujar Ari.


(Istimewa) Ban yang berukuran lebih besar dari standarnya dan lampu yang diubah bergaya Harley Davidson.


Bagian kaki-kaki dibuat lebih besar dari aslinya, menggunakan pelek TK dengan lebar 2 inci untuk di depan dan pelek belakang 4,5 inci, berdiameter 17 inci. Ban yang digunakan, lanjut Ari, disesuaikan dengan fungsinya, dengan special compound yang bisa digunakan di medan bertanah dan aspal atau batu-batuan.

"Kami buatnya seperti model super moto jadi bisa diajak menjelajah di medan apapun," kata Ari.

Semburan cat kuning dikombinasikan dengan warna silver, semakin menambah kesan klasik. Lampu depan dan juga lampu-lampu seinmenggunakan model Harley Davidson. Kemudian stang berjenis fatbar dipilih merek Baros. Tangki bensin dibuat custom oleh MBS, dan jok oleh MBTech. 

Demi memaksimalkan tema modifikasi, knalpot menggunakan merek ProSpeed MF asal Taiwan, yang dirasa cocok untuk bergaya klasik. “Knalpot buatan lokal terkadag kurang manis, jadi kami cari-cari model lain dan menemukan ini, yang saat ini dipasangkan,” tutur Ari.

0 komentar

Posting Komentar